Minggu, 13 Maret 2011

Mengapa bangsa Indonesia ber-Pancasila ?

Mengapa bangsa Indonesia ber-pancasila? Karena bangsa Indonesia, sejak sebelum proklamasi kemerdekaan telah memiliki bahkan melaksanakan unsur-unsur dari sila-sila pancasila sejak sebelum proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Maksudnya adalah sejak sebelum Indonesia merdeka dan Pancasila belum dicanangkan, masyarakat Indonesia telah mangamalkan dan meneladani nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila dirumuskan oleh Panitia Sembilan dengan memperhatikan adanya keterkaitan satu sama lain diantara kelima sila dalam pancasila. Dan juga, Pancasila memiliki hubungan dan keterkaitan dengan kehidupan masyarakat.
Oleh sebab Indonesia telah merdeka, perlulah dibuat suatu bentuk nyata dari sebuah landasan negara yang akan membawa Indonesia menuju tujuan yang diharapkan. Dan Pancasila dibuat untuk bisa menjadi tuntunan dan patokan, yang dapat digunakan untuk perumusan aturan-aturan, maupun hukum-hukum karena Indonesia adalah negara yang berbentuk Republik. Indonesia terdiri dari berbagai macam ras dan budaya yang terkenal akan keanekaragamannya, untuk itulah perlu adanya tuntunan yang dapat mempersatukan dan men-sinergikan dari semua keanekaragaman tersebut.
Apalagi masa sekarang ini telah memasuki Era Globalisasi, era yang banyak digembor-gemborkan oleh semua elemen negara yang ada diseluruh dunia. Dengan perubahan sosial yang diakibatkan adanya globalisasi, telah banyak memberikan banyak pengaruh, baik yang positif maupun yang negatif. Dari segi makanan, pakaian, perilaku, sampai gaya hidup adalah bagian dari kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan mencolok yang diakibatkan oleh dampak globalisasi. Adapun dampak yang mengarah ke arah negatif, memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia menjadi diantaranya, orang-orang menjadi sangat individualis, dan juga masyarakat mulai terbiasa dan meniru budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Dan budaya permisif atau perilaku yang menghalalkan segala cara untuk bisa mencapai tujuannya, tentu saja hal tersebut dapat merugikan orang lain. Seperti itu kenyataan yang ada di Indonesia sekarang ini. seolah mereka tidak lagi memiliki etika, tidak memiliki identitas positif. Atau mereka memang sudah tidak mau tahu dan mengabaikan keadaan negara tercinta, Negara Indonesia. Mental spiritual pun tak luput dari dampak globalisasi. Dengan menurunnya ikatan rohani, dapat memperjelas, betapa rusaknya diri masyarakat ini. Banyak yang mementingkan duniawi saja, tanpa menghiraukan kewajiban mereka sebagai umat beragama. Tontonan televisi sekarang ini mulai tidak seperti layaknya tontonan, banyak tontonan yang menyajikan acara yang tidak jelas kemana arah tujuannya, tidak berkualitas. Hebat sekali dampak yang ditimbulkan adanya globalisasi.
Sudah nampak jelas, pentingnya nilai Pancasila di Indonesia, selain sebagai penyelamat bangsa juga berfungsi sebagai tuntunan untuk menghadapi tantangan masa depan. Indonesia tidak akan bisa menjadi negara yang hebat apabila masyarakatnya dan sistem pemerintahanya tidak dapat saling bekerjasama untuk menegakkan persatuan, kesatuan serta keadilan sesuai nilai Pancasila. Seperti halnya sebuh bangunan, untuk menjadi bangunan yang kokoh, diawali terlebih dahulu dengan mambangun fondasi yang sesuai dengan bentuk bangunan dan kualitas bangunan tersebut. Begitu juga dengan negara kita ini, diperlukan fondasi yang sesuai, yaitu Pancasila sebagai landasan atau dasar negara. Pancasila sangat sesuai sekali dengan pribadi bangsa Indonesia, bangsa yang majemuk, bangsa yang beraneka ragam.
Jaman dahulu Indonesia dijajah oleh negara-negara penjajah, tetapi sekarang ini, Indonesia justru dijajah oleh sistem yang sedang dijalankan oleh pemerintahan itu sendiri, sistem dari masing-masing pribadi yang sangat rentan dipengaruhi. Untuk itulah diperlukan pengaman jaringan sistem yaitu Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mampu melindungi diri pribadi masing-masing, yang mampu mempengaruhi setiap dari elemen masyarakat maupun perangkat pemerintahan. Sehingga sistem pemerintaha dapat berjalan kondusif, dan suatu negara dapat memiliki masyarakat yang bisa turut serta dalam memajukan bangsa dan negara.
Jika dicermati lebih dalam, berbagai aktifitas dan usaha dalam mempelajari Pancasila, merupakan bentuk realisasi pandangan dunia bahkan pandangan manusia secara umum. Pancasila tertuang dalam bentuk isi yang tepat dan saling keterkaitan satu sama lain, dari kelima sila yang terkandung dalam Panasila.
Untuk itulah Indonesia memerlukan dan bahkan membutuhkan Pancasila, dengan nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung di dalamnya sebagai landasan maupun dasar negara. Dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara, sebagai landasan negara, akan mampu membawa masyarakat dan pemerintah yang berkualitas, yang nantinya dapat membawa Negara Indonesia menjadi negara yang berkepribadian, negara yang bermartabat serta negara yang mampu turut serta mempengaruhi sistem dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar